Real Madrid Juara Liga Champions ke-14 Kali, Courtois Jadi Pahlawan – diksimedia.com
Connect with us

Olahraga

Real Madrid Juara Liga Champions ke-14 Kali, Courtois Jadi Pahlawan

Firli Rahmat

Published

on

Real Madrid menjuarai Liga Champions 2021-22 dengan mengalahkan Liverpool 1-0 di Paris, 29 Mei 2022, dini hari WIB. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

diksimedia.com, PARIS — Striker Real Madrid berkebangsaan Brasil, Vinícius jr, mencetak satu gol yang cukup membawa timnya juara. Tetapi, tidak terbantahkan bahwa kiper Thibaut Courtois, sangat signifikan dengan serangkaian intervensi dan penyelamatan yang benar-benar luar biasa dalam pertandingan itu.

Di laga yang berlangsung di Stade de France, Paris pada Minggu (29/5/2022) dini hari WIB, kiper Real Madrid asal Belgia itu adalh pahlawan klubnya. Secara langsung, penampilan heroiknya menjadi pembeda yang membawa kemenangan keempat belas Real Madrid di kancah sepakbola tertinggi antar klub Eropa, Champions League.

Liverpool bermain menyerang sejak menit pertama. Klub besutan Juergen Klopp ini bertekad membalas kegagalan di final empat tahun lalu, ketika kalah dari Real Madrid dengan skor 1-3.

Di laga final ini, Thibaut Courtois menjadi penyebab kegagalan bagi Liverpool, dan menjadi pahlawan Real Madrid membawa pulang “Piala bertelinga” yang menjadi ciri khas trofi Liga Champions UEFA.

Serangan demi serangan Liverpool berhasil dipatahkan lini pertahanan Real Madrid dan aksi gemilang Courtois. Semua serangan dari Sadio Mane, Muhammad Salah, Thiago berhasil dimentahkan sang kiper.

Saat Liverpool tengah asyik menyerang, Real Madrid malah berhasil mengirimkan umpan pada menit ke-42 kepada Benzema. Bola yang mengarah ke kotak penalti Liverpool berhasil dikontrol dengan baik oleh Benzema. Setelah berhasil mengecoh kiper dan lini pertahanan Liverpool, Benzema berhasil mencetak gol.

Namun sayangnya, gol tersebut dianulir berdasarkan keputusan VAR karena dianggap offside. Keputusan yang membuat pendukung Real Madrid itu menjaga skor bertahan tetap 0-0 hingga peluit akhir babak pertama ditiupkan.

Babak kedua, Liverpool masih asyik menyerang, namun Real Madrid tetap dapat mengontrol keadaan dengan baik. Malah melalui serangan, akhirnya berhasil membuat perbedaan.

Baca Juga  Laga Brasil vs Argentina Ditunda, Ini Penyataan FIFA

Pemain tengah Federico Valverde berhasil menggiring bola ke sisi kiri pertahanan Liverpool pada menit ke-58. Dengan cepat dia mengirimkan umpan mendatar ke kotak penalti Liverpool. Vinicius Jr yang tidak terkawal di sisi kanan pertahanan Liverpool berhasil menyambut bola, dan meneruskannya ke gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Real Madrid.

Tersengat oleh gol Vinicius Jr, Liverpool semakin kalap menyerang Madrid. Hanya saja, Courtois menjadi penjaga gawang Madrid tak terbobol di laga Final Champions League 2022 ini. Skor 1-0 bagi Madrid pun tak berubah hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiupkan wasit.

“Saya benar-benar terkesan dengan aksi Courtois,” kata Christian Karembeu, yang memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid pada 1998.

“Itu adalah malam besarnya. Saya pikir dia adalah pemain Real terbaik musim ini,” kata Chris Sutton, mantan striker Chelsea dan Celtic.

“Real harus berterima kasih kepada Courtois karena memenangkan Liga Champions lagi,” ujar Alan Shearer mengomentari penampilan Courtois.

Susunan Pemain di Final Champions League 2022

Liverpool: Alisson – Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson – Henderson (77. Keita), Fabinho, Thiago (77. Firmino) – Salah, Mané, Díaz (65. Jota). Pelatih: Juergen Klopp.

Real Madrid: Courtois – Carvajal, Militao, Alaba, Mendy – Modrič (90. Ceballos), Casemiro, Kroos – Valverde (85. Camavinga), Benzema, Vinícius Júnior (90. + 3 Rodrygo). Pelatih: Carlo Ancelotti.

(HeloBorneo)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending